Telaga Biru, Syorga Tersembunnyi di Hutan Merangin


Telaga Biru Kabupaten Merangin

ADOADOBAE.COM_Pesona Alam Luar Biaso ado di merangin Aek nyo berkilau macam kaco saking beningnyo, itu lah talago biru orang dusun dalam nyebutnyo, telaga biru atau talago biru yang berado dalam hutan produksi lainnya (HPL), Na babateh langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dengan ketinggian 2033 mdpl, kalau di tengok sekilas telago ini mirip macam danau kaco di Kabupaten Kerinci. 

Tapi kalau di tengok nian jeleh-jeleh,  bentuk danau dan permukaan lahan di sekitarnya memang memiliki banyak perbedaan,di salah satu sudut telaga terdapat pohon melintang yang kerap dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung. Begitu pula dengan jembatan menuju pondok peristirahatan buatan warga.

Pemandangan lain yang idak kalah menarik di sini adalah deretan lumut hijau di sekitar telago. nampak iluk nian jok, macam di syurgo mungkin saking eloknyo, dimano suhunyo dingin  nian sekeliling telago banyak lumut ijau yang buat jauh panano 

Cocok untuk Cari Ketenangan

Lokasi Telaga Biru memang cukup tersembunyi di dalam hutan, idak banyak orang tahu soal keberadaannyo. Namun jangan salah, tempat ini sangat asri dan sejuk. 

kanti-kanti bisa jugo camping di sekitar talago tapi yoo jangan nak basing-basing bae, karena adat kebiasoan orang sano kito dak bulih basing bacakap atau takabur, yang paling penting nian jago kebersihan telago biru tuh jok, buang sampah jangan basing bae, elok sampahnyo dibao balik.

Hal unik ketiko Masuk Pintu Rimbo 

Kebiasoan Masyarakat setempat tiap kali kito nak menuju Telago Biru, kito di sarankan sebelum masuk pintu rimbo bagi pengunjung untuk dapat narok lumut lalu di selipkan di belakang talingok atau kuping, sambil mengucapkan Assamualaikum. Tujuannyo biak dak keno tegur pohon macam tuh kato masyarakat setempat. 

Macam mano caronyo kalau mau ke telago biru di Kecamatan Jangkat Timur iko ??

dari Kota Jambi menuju Kota bangko lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Jangkat Timur tepatnya Desa Dusun Dalam, di sano di Desa Dusun Dalam,  kanti-kanti bisa temuin Kadesnyo atau Pokdarwisnyo, dari desa dusun dalam kito bisa rental ojek motor sampai dekat pintu rimbo.


Yang jeleh dak nyesal lah jok kalau kesano dijamin puasss